Apa sih Mikrokontroler itu ???

Pasti pertanyaan itu yang pertama kali ketika mendengar kata “Mikrokontroler”, mungkin mendengar dari obrolan teman atau dari guru yang mengajar pelajaran “Mikrokontroler”. Jika dikaji dari sisi bahasa, dibagi menjadi 2 kata yaitu “Mikro” adalah sesuatu yang berukuran mikro (kecil) dan “Kontroler” adalah pengedali atau pengatur. Kalau digabung kurang lebih adalah sebuah pengendali yang berukuran kecil.

Jika dilihat dari sudut fisik dan bahan yaitu sebuah semikonduktor golongan  dari rangkaian terintegrasi atau integrated circuit (IC). IC Mikorkontroler khusus dibuat untuk dapat diprogram sesuai keinginan pengguna. Bagaimana bisa IC diprogram???
Struktur IC Mikrokontroler terdiri dari beberapa sistem yaitu:
  • Port Input / Output (I/O)
  • Random Access Memory (RAM)
  • Read Only Memory (ROM) 
  • Central Processing Unit (CPU) yang di dalamnya terdapat processor.
Karena sistem CPU, ROM, dan RAM, IC Mikrokontroler mampu diprogram sesuai kebutuhan, serta menyimpan program tersebut di dalam memori. Untuk mengendalikan sistem diluar IC yaitu menggunakan Port I/O.
 
Sekarang sudah punya bayangan kah, apa itu mikrokontroler??? Kalau belum terbayang. Lebih sederhana, Anggap saja Mikrokontroler itu Komputer Mini (mungkin mikro) karena sama-sama memiliki Port I/O, Memori, RAM, ROM, dan CPU.

Apakah Mikrokontroler sama dengan Mikroprosessor??

Ini sangat umum terjadi dikalangan pelajar, baik siswa SMK atau Mahasiswa. karena didalam dunia akademik yang pertama diperkenalkan yaitu Mikroprosessor, setelah itu Mikrokontroller.
Urutan tersebut tidak salah, karena yang pertama kali ditemukan yaitu Mikroprosessor. Kemudian dikembangkan dan ditemukan Mikrokontroller. Jadi harus mengerti dulu Mikroprosessor untuk mempelajari Mikrokontroller.

Secara sederhana, perbedaan Mikroprosessor dan Mikrokontroller yaitu:

Mikroprosesor
Mikrokontroler

Tersusun dari:
1.      CPU 

Tersusun dari:
         1.      CPU
         2.      RAM
         3.      ROM
         4.      Port I/O


Jadi jika dilihat dari tabel dan gambar di atas. Struktur mikrokontroler lebih lengkap jadi dapat berjalan sendiri tanpa chip atau sistem lain

Sedangkan struktur mikroprosessor hanya terdiri dari CPU saja. Sehingga butuh chip lain untuk berjalan dalam sistem yang lebih komplek.


Semoga bermafaat…..

Komentar